-->
Sekali layar dikembangkan pantang mundur langkah kebelakang walaupun setapak. Ketika genderang perang telah ditabuh semua siap meradang dan berpeluh. Tatkala datang ujian bagai angin puyuh.Pantang mengerang sampai kaki melepuh dan terengkuh cita - cita

Kamis, 04 Agustus 2011

MEMBANGUN KELUARGA ISLAMI

Oleh Sugiyanto
Pernikahan aadalah sunnah rosul yang sangat sacral karenanya pernikahan merupakan  ikatan yang sangat kuat alam istilah alQur`an disebut dengan    غليظا  مثاقا       (QS 4:21)  yang kata ini juga dipakai dalam menyebut perjanjian antara para nabi dengan Alloh dalam mengembangkan dakwah (QS33:7). Oleh karena itu maka pernikahan  harus dilaksanakan sesuai dengan ajaran islam. Tidak sampai disitu saja tetapi itu merupakan awal langkah pelaksanaannya dalam rumah tangga dan interaksi dengan rumah tangga yang lainnya.
Dalam menjalani rumah tangga yang islami ada beberapa hal yang harus mendapatkan perhatian baik suami atau isteri :
1.      Memperkokoh rasa cinta
Rasulullah SAW sebagai seorang suami yang berhasil membagi dan menumbuh suburkan rasa cinta pada para isterinya  sehingga isteri yang satu mengatakan dialah isteri yang paling dicintai oleh Rosul. Begitu juga dengan isteri yang lainnya.

2.      Saling hormat menghormati
Dalam kehidupan rumah tangga rosulullah, beliau telah mencontohkan kepada kita betapa beliau berlaku baik kepada keluarganya dalam satu hadits beliau bersabda :  orang ang paling baik diantakamu adalah yang paling baik berlaku kepada keluarganya dan aku adalah orang yang paling baik terhadap keluargaku (HR. Thabrany)

3.      Saling menutupi kekurangan
Kekurangan masing masing akan trlihat seiring berjalannya waktu maka oleh karena itu kedua belah pihak harus menutupi kekurangan masing masing  sebagai  manifestasi  rasa cinta terhadap pasangan. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

4.      Kerjasama dalam keluarga
“ dan tolong menolonglah kamu  dalam (mengerjakan ) kebaikan dan takwa dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran (QS. 5:2)

5.      Meungsikan rumah tangga secara optimal
“4 perkara yang merupakan kebahagiaan seseorang yaitu:  mempunya isteri yang solihah, anak yang berbakti, teman yang baik dan mencari rizki dari negeri sendiri (HR. Dailami dari Ali RA.)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More