-->
Sekali layar dikembangkan pantang mundur langkah kebelakang walaupun setapak. Ketika genderang perang telah ditabuh semua siap meradang dan berpeluh. Tatkala datang ujian bagai angin puyuh.Pantang mengerang sampai kaki melepuh dan terengkuh cita - cita

Rabu, 19 Oktober 2011

Hak Ibu

Latar Belakang

Kesalahan dan kekhilafan kita biasanya munculnya/ keberadaannya dari dimana kita banyak menghabiskan waktu di kehidupan kita. kalau waktu kita habiskan di rumah tangga maka kemungkinan besar munculnya kesalahan itu dari rumah tangga itu sendiri. kalau waktu kita dihabiskan di jalan raya. maka kesalahan itu akan muncul dari jalan. Sekitar separo lebih kita berinteraksi dengan keluarga. Baik anak, ibu, bapak orang tua, mertua, cucu. Selalu ketemu dan berinteraksi tiap harinya. Dari muamalah dan interaksi itu.
Salah satu patner dalam muamalah kita dalam keluarga adalah Ibu. Kemungkinan besar selama kita berinteraksi dengan beliau, ada hal-hal yang termasuk katagori dosa terhadapnya. Kalo dosa kita kepada ibu tidak akan dimaafkannya(mungkin saking murkanya ibu kepada kita) maka dunia kita akan terasa sempit. Dan menurut agama bahwa rosul pernah bersabda :
“Ridlo Allah tergantung ridlo kedua orangtua, sedangkan kemurkaan Allah tergantung kemurkaan orang tua”.
Kalau memang demikian adanya ( orang tua marah dan tidak ridlo kepada kita) Maka seakan-akan kehidupan tidak ada harganya lagi. Sebab keberkahan hidup sudah tercabut dari kita. Kata-kata bahagia mungkin tidak akan terwujud. Hanya jadi logo saja. Banyaknya rejeki kita tidak akan membuat kita bahagia apabila tidak ada ridlo orang tua atau orang tua kita, sangat murka terhadap tindakan kita. “Naudzu billahi min dzalik”.

Peluang

Keberadaan ibu seperti dua sisi mata uang.Apabila kita berbuat baik dan membuahkan ridlo maka kita akan selamat di dunia dan akhirat. sebaliknya apabila kita berbuat jelek yang berbuat kemurkaan orang tua maka kita akan sengsara di dunia dan di akhirat. maka inilah yang dinamakan peluang. siapa yang dapat mengambil peluang  itu maka akan bahagia. kalau sebaliknya maka rugi. peluang belum tentu datang lagi. Mumpung masih ada orang tua. ayo kita buktikan kalo kita ini mampu.

Landasan

Semua itu berdasarkan dalil-dalil yang sudah disampaikan Allah dan rosulnya Muhammad saw. Dalam surat Lukman  banyak diterangkan  berkenaan dengan pentingnya hubungan baik dengan orang tua dan keutamaan-keutamaan orang yang interaksinya dengan orang tua sangat bagus. sebut saj nama Uwais alqorni. Seorang  tabiin yang digambarkan oleh rosul, sebagai contoh seorang yang interaksinya dengan ibunya sangat baik sekali. Membuat ibunya ridlo. Dan Allah memulyakannya dengan selalu mengabulkan segala doa yang dipanjatkan uwais kepada Allah. Bahkan Rosul menyuruh Umar RA kalau ketemua dengan uwais supaya minta didoakan. Hebat. Manusia luar biasa masih minta supaya didoakan oleh manusia luar biasa yang lainnya. Kita?. Bukan manusia luar biasa. Bahkan mungkin tidak pernah minta didoakan oleh manusia luar biasa yang lainnya. Alasannya mana? atau mungkin jarang ditemukan orang luar biasa pada jaman sekarang. Nangis deh kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More