-->
Sekali layar dikembangkan pantang mundur langkah kebelakang walaupun setapak. Ketika genderang perang telah ditabuh semua siap meradang dan berpeluh. Tatkala datang ujian bagai angin puyuh.Pantang mengerang sampai kaki melepuh dan terengkuh cita - cita

Rabu, 11 April 2012

Potensi Jiwa dan Kecondongannya


Oleh  : Maskun

Dalam surat Asyams ayat  7- 10 disebutkan Allah bersumpah dengan jiwa sebagaimana Allah bersumpah di surat-surat yang lain. Jiwa yang diciptakan Allah berbeda dengan ciptaan  yang lain berbedanya adalah ada secuil potensi akan menjadi baik ataupun  akan menjdai buruk pada diri manusia.


Ibn makdan mengatakan manusia yang lengkap adalah mempunyai 2 mata dikepala dan 2 mata dihatinya. Jika Allah menghendaki kebaikan maka Allah memberikan 2 mata dalam hati {disamping 2 mata di kepala} dengan 2 mata di hatinya ia  selalu melihat alam akhirat dan sebaliknya bila Allah menhendaki kesesatan kepada manusia maka manusia itu hanya mempunyai 2 mata di kepala saja.

Dalam buku “ Arruh wal madah”disebutkan : ada 2 org keluar dari supermarket. Satu orang memberi sedekah kepada miskin yang memintanya di depan supermarket sedangkan yang satunya berjalan lurus dan tidak memberi sedekah. Detailnya Allah memberi  kekuatan ruhiyah karena fulan yang pertama. Ia selalu memberi makan kepada ruh dengan bermacam-macam ibadah  maka muncul energy dari makanan-makanan itu. Sedang fulan  yang kedua {yang tidak memberi}, ia tidak pernah memberi makan ruh sehingga ia lemah dan sakit-sakitan . bagaimana dia bisa kuat. Walaupun mempunyai harta yang banyak sekalipun tetap dia akan lemah dan berat memberikan sedekah kepada yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More